Salah satu fitur penting yang dibutuhkan tapi tidak tersedia di PowerPoint adalah pembuatan daftar isi atau table of contents secara otomatis. Padahal, sama halnya dengan fungsi daftar isi pada suatu buku, daftar isi (atau kadang disebut agenda) bagi suatu presentasi sangat penting untuk memberikan gambaran kepada pemirsa mengenai apa saja yang akan dipresentasikan.
Pembuatan daftar isi di PowerPoint biasanya harus dilakukan secara manual. Hal ini sangat menyebalkan terutama untuk dokumen yang panjang. Belum lagi ada masalah sinkronisasi jika judul halaman-halaman salindra (slide) berubah setelah daftar isi manual tersebut dibuat.
Pencarian di Google menemukan perangkat lunak PowerTOC yang tampaknya cukup bagus dan memberikan fitur yang diinginkan. Tapi, malas ah jika harus bayar. Lagipula, seharusnya dengan otomasi VBA yang ada di M$ Office hal ini mudah dilakukan:
PPTAutoTOC versi nol poin nol nol tujuh (PERHATIAN: nomor ini tidak serius) adalah add-in PowerPoint untuk membuat daftar isi otomatis berdasarkan judul-judul halaman salindra. Cara pakainya sebagai berikut:
Sumber : Ivan Lanin
Pembuatan daftar isi di PowerPoint biasanya harus dilakukan secara manual. Hal ini sangat menyebalkan terutama untuk dokumen yang panjang. Belum lagi ada masalah sinkronisasi jika judul halaman-halaman salindra (slide) berubah setelah daftar isi manual tersebut dibuat.
Pencarian di Google menemukan perangkat lunak PowerTOC yang tampaknya cukup bagus dan memberikan fitur yang diinginkan. Tapi, malas ah jika harus bayar. Lagipula, seharusnya dengan otomasi VBA yang ada di M$ Office hal ini mudah dilakukan:
- Buat satu halaman khusus daftar isi.
- Cari semua judul halaman salindra, kecuali halaman judul presentasi dan halaman yang tak memiliki judul.
- Salin semua judul tersebut dalam bentuk bullet point (duh, bahasa Indonesianya apa ya? poin peluru? poin bulat?) di halaman khusus daftar isi yang telah ditentukan.
- Buat add-in PowerPoint untuk memudahkan penggunaan fitur ini.
PPTAutoTOC versi nol poin nol nol tujuh (PERHATIAN: nomor ini tidak serius) adalah add-in PowerPoint untuk membuat daftar isi otomatis berdasarkan judul-judul halaman salindra. Cara pakainya sebagai berikut:
- Unduh PPTAutoTOC dan ekstrak berkas PPTAutoTOC.ppa ke direktori yang diinginkan.
- Tambahkan add-in tersebut di PowerPoint. Baca di sini untuk cara melakukannya di Office 2007, dan coba cari di Google untuk melakukannya di Office 2003, harusnya kurang lebih serupa. Jika berhasil akan muncul menu tambahan “TOC”.
- Buka berkas PowerPoint yang ingin diberi daftar isi, tentunya yang halaman-halamannya mengikuti templat tata letak yang memiliki judul.
- Sisipkan satu halaman khusus untuk menjadi halaman daftar isi (biasanya halaman kedua).
- Tekan tombol “TOC” yang ada di tab “Add-Ins” pada Office 2007, atau menu “Tools” pada Office 2003. Masukkan nomor halaman khusus daftar isi yang dibuat pada langkah 4 di atas.
Sumber : Ivan Lanin
No comments:
Post a Comment